P: +62 21 5152894, 5152895, 5152902 sekretariat@apei.or.id

Sosialisasi Mekanisme Administrasi PPN dan Pembukuan Levy

Tuesday, 05 July 2022

Acara ini diselenggarakan dalam rangka menginformasikan kepada perusahaan efek tentang mekanisme admisnistrasi PPN Levy dan Pembukaan Levy. Narasumber pada acara ini adalah dari Otoritas Jasa Keuangan yang diwakili Ibu Agustyatun selaku Deputi Direktur Pengembangan TLE dan Manajemen Krisis OJK, dan Bapak Afif Saipudin selaku Kepala Unit Perdagangan dan Pengaturan Anggota Bursa.

Dalam arahannya Ibu Agustyatun menjelaskan untuk Pengenaan PPN Levy idealnya menurut DJP, AB menerbitkan faktur karena memungut ke nasabah sebagaimana Bursa memungut terhadap AB. Pada prakteknya sebahagian besar AB tidak mencatatkan Pengenaan Levy nya  karena dianggap sebagai utang-piutang yang di pasthrough ke Bursa sehingga PPN nya tidak dipungut.. Hasil diskusi terakhir dengan DJP beliau menjelaskan DJP tidak bersifat netral antara pilihan yang dilakukan AB baik dengan menerbitkan faktur ataupun tidak dengan catatan yang seharusnya dibuat yaitu konsisten antara dokumentasi dengan catatan yang ada artinya PPN Levy yang dikenakan ke nasabah, langsung dibayarkan kepada bursa maka  seharusnya faktur atas PPN nya dikenakan langsung ke nasabah. Dari diskusi lanjutan akhirnya OJK menyepakati untuk harmonisasi atau konsistensi antara bisnis proses terhadap Pengenaan PPN Levy, kemudian mengharapkan dapat membantu pelaku untuk tidak melanggar ketentuan yang ada. OJK telah mengeluarkan penegasan yang dapat menjadi pegangan AB ketika ada pemeriksaan dari DJP, dan telah menyetujui untuk memberikan relaksasi dalam masa peralihan untuk tidak memberikan Sanksi.

  • Mekanisme Pencatatan Akuntansi Beban Levy.
  • Ilustrasi pada Trade Confirmation,
  • Simulasi tentang Admisnistrasi PPN Levy yang tidak mencantumkan PPh Final dan dana Jaminan.
  • Persetujuan OJK mengenai administrasi PPN Atas Biaya Transkai bursa yaitu terkait dengan;  Administrasi PPN Levy, Penyesuaian oleh AB, dan Penyajian pada Laporan Keuangan AB.
  • Informasi ketentuan Pembukuan Dan Administrasi PPN atas Biaya Transaksi Bursa,Dalam presentasinya Bapak Afif, menjelaskan tentang:

Acara ini pesertanya mencapai 300 orang, yang dihadiri oleh Direksi dan Compliance perwakilan perusahaan efek.