P: +62 21 5152894, 5152895, 5152902 sekretariat@apei.or.id

Sosialisasi Key Audit Matter oleh IAPI

Friday, 08 December 2023
Acara ini diselenggarakan dalam rangka menginformasikan mengenai Key Audit Matters (hal-hal audit utama) yang perlu diketahui oleh perusahaan efek. Hal Audit Utama adalah hal-hal yang menurut pertimbangan profesional auditor, merupakan hal  yang paling signifikan dalam audit atas laporan keuangan periode kini. Hal audit utama dipilih dari hal-hal yang dikomunikasikan kepada pihak yang bertanggung jawab atas tata kelola. Tujuan mengkomunikasikan hal audit utama adalah Untuk meningkatkan nilai komunikatif laporan auditor dengan memberikan transparansi yang lebih baik atas audit yang telah dilaksanakan. 

Auditor harus mengkomunikasikan kepada pihak yang bertanggung jawab atas tata kelola:
  1. Hal-hal yang telah ditentukan auditor sebagai hal audit utama atau
  2. Jika berlaku, tergantung pada fakta dan kondisi entitas dan audit, penentuan oleh auditor bahwa tidak terdapat hal audit utama untuk dikomunikasikan dalam laporan auditor.
Hal-hal yang sering dikomunikasikan dalam Hal Audit Utama:
  1. Hal-hal yang berkaitan dengan hal-hal yang signifikan atau kompleks yang diungkapkan dalam laporan keuangan. Sebagai contoh:  penilaian atas penurunan nilai, valuasi atas goodwill, valuasi atas instrumen keuangan, pengakuan pendapatan, hal-hal terkait pajak, akuntansi untuk kombinasi bisnis, dan lainnya.
  2. Hal-hal yang melibatkan kompleksitas subjektivitas yang signifikan dalam pemilihan kebijakan akuntansi manajemen.
  3. Hal-hal yang melibatkan asumsi manajemen yang signifikan dan ketidakpastian estimasi
  4. Kelemahan signifikan dalam pengendalian internal yang berdampak material terhadap laporan keuangan
Narasumber pada acara ini Bapak Ady Putera Setyo Pribadi, Anggota Dewan Standar Profesi Akuntan Publik I partner dari IAPI, hadir juga Ibu Kusumaningsih Angkawidjaja selaku Supervisory Dewan Standar Professional Akuntan Publik 1 dan Ibu Retty Setiawan selaku Direktur Eksekutif IAPI.Acara ini dihadiri oleh 222 orang Anggota APEI.