P: +62 21 5152894, 5152895, 5152902 sekretariat@apei.or.id

Sharing Session PBK dan PEI

Wednesday, 26 July 2023
APEI bekerja sama dengan PT Pendanaan Efek Indonesia (PEI) dan PT Pefindo Biro Kredit (PBK) dengan branding ( IdScore) mengadakan Acara sharing session dalam rangka memperkenalkan kepada perusahaan efek tentang Jasa yang diberikan oleh PEI dan IdScore. 

Narasumber pada acara ini adalah Bapak Suryadi dari PEI, dan Bapak Wahyu Trenggono dari PT IdScrore. Dalam presentasi nya PEI menjelaskan Sekilas tentang PEI, Pendanaan Transaksi Marjin, Transaksi REPO dan Pinjam Meminjam Efek (menggunakan SLB KPEI) .Sampai dengan saat ini jumlah partisipan dari total 60 anggota bursa dengan ijin marjin sebanyak 69% (17 AB) telah menjadi Partisipasi PEI. Sepanjang tahun 2022 telah menyalurkan Pendanaan Transaksi Margin dan Transaksi Repo sebesar total Rp 1,79 triliun. Setelah mendapat penjelasan diharapakan Perusahaan Efek menjadi anggota saja terlebih dahulu sehingga pada saat ada kebutuhan tinggal dijalankan saja. Dalam hal ini tidak ada kewajiban financial hanya proses administrasi aja. Selain itu dijelaskan juga bagaiman prosedur pendaftaran partisipan dan pendaftaran nasabah partisipasi ke PEI. 

Dalam presentasi nya Pak Wahyu menjelaskan bahwa IdScore adalah suatu Lembaga yang mengelola informasi kredit yang digunakan bagi Lembaga Keuangan yang tidak sebatas pada perbankan atau multifinance maupun Fintech peer to peer landing yang menyalurkan pinjaman namun dapat digunakan oleh industri di pasar modal khusus nya Perusahaan Efek yang dapat meningkatkan Profitablilitas melalui pemanfaatan credit score. Selain itu dijelaskan juga pengenalan IdScore, Profil IdScore, Produk dan Layanan, Penggunaan Data Kredit, dan Informasi Lainnya.

Acara ini dihadiri oleh 138 Peserta